cover
Contact Name
Sangidatus sholiha
Contact Email
sangidatus@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
sangidatus@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ki Hajar Dewantara No. 116, 15A Iringmulyo, Metro Timur, Kota Metro, Lampung
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
Edunomia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
ISSN : 27465578     EISSN : 27465586     DOI : http://dx.doi.org/1024127
EDUNOMIA is a journal of economic education of FKIP of Universitas Muhammadiyah Metro. This journal published two times a year every May and November, to accommodate the results of research, articles and scientific papers, to the entire course of economic education in Indonesia
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2023): Mei" : 10 Documents clear
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI MAN 1 LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2021/2022 Diah Murdiyani; Triani Ratnawuri; Tiara Anggia Dewi
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 3 No 2 (2023): Mei
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/edunomia.v3i2.3722

Abstract

Hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor-faktor tersebut dapat berasal dari dalam diri siswa itu sendiri (faktor internal) dan ada juga yang berasal dari luar diri siswa (faktor eksternal). Faktor-faktor yang berasal dari dalam diri anak bersifat biologis, seperti keadaan fisik anak, bakat, minat, sikap, motivasi, kebiasaan belajar dan sebagainya. Sedangkan faktor yang berasal dari luar diri anak yaitu faktor keluarga, sekolah, masyarakat dan sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Studen Facilitator and Explaining (SFE) terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI MAN 1 Lampung Timur Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini mengkaji pengaruh pembelajaran Studen Facilitator and Explaining (SFE) terhadap hasil belajar peserta didik di MAN 1 Lampung Timur. Sampel penelitian berjumlah 28 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah Soal Tes. Analisis data hasil penelitian menggunakan uj-t. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap hasil belajar peserta didik di MAN 1 Lampung Timur Tahun Pelajaran 2021/2022.” Hal ini berdasarkan pengujian hipotesis yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,08 > 2,05
PENGARUH SIKAP BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SEMESTER GANJIL PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MA’ARIF 1 METRO TAHUN PELAJARAN 2021/2022 Fitriani Fitriani; Triani Ratnawuri; Bobi Hidayat
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 3 No 2 (2023): Mei
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/edunomia.v3i2.3723

Abstract

Hasil belajar yang maksimal dapat dilihat dari bagaimana sikap belajar siswa di kelas saat proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Sikap Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Pada Semester Ganjil Peserta Didik Kelas VII SMP Ma’arif 1 Metro Tahun Pelajaran 2021/202. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah Peserta Didik kelas VII SMP Ma’arif 1 Metro tahun pelajaran 2021/2022. Peneliti mengambil sampel menggunakan cluster random sampling karena populasi kurang dari 100 maka seluruh populasi yaitu 72 orang dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Sikap Belajar Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Pada Semester Ganjil Peserta Didik Kelas VII SMP Ma’arif 1 Metro Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan persamaan regresi yaitu Y= 40,190 + 0,884 X. nilai Fhitung sebesar 13,517 nilai Fhitung = 13,517 > Ftabel = 42,3 dan besarnya koefisien determinasi atau R Square adalah sebesar 0,626. Besarnya angka koefisien determinasi (R Square) adalah 0,626 atau sama dengan 62,6%. Angka tersebut mengandung arti bahwa variabel penggunaan Sikap Belajar (X) berpengaruh terhadap variabel hasil belajar (Y) sebesar 62,6%. Sedangkan sisanya 37,4% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil tersebut menunjukkan bahwa sikap belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Pada Semester Ganjil Peserta Didik Kelas VII SMP Ma’arif 1 Metro Tahun Pelajaran 2021/2022.
PENGARUH KEWIRAUSAHAAN DAN KREATIVITAS TERHADAP KEBERHASILAN USAHA (STUDI PADA SENTRA PEMBUATAN KRIPIK SINGKONG DI KECAMATAN BATANGHARI NUBAN KABUPATEN LAMPUNG TIMUR ) Wahyu Ari Wibowo; Tiara Anggia Dewi; Ningrum Ningrum
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 3 No 2 (2023): Mei
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/edunomia.v3i2.3724

Abstract

Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) di indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Kegiatan UMKM saat ini menjadi salah satu cara untuk memperbaiki perekonomian nasional. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah usaha perdagangan yang dikelola oleh badan usaha atau perorangan yang dirujuk pada usaha ekonomi produktif sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Di indonesia kegiatan UMKM telah diatur oleh pemerintah didalam UU No. 20 tahun 2008 yang berbunyi ”perusahaan kecil yang dimiliki dan dikelola oleh seseorang atau dimiliki oleh sekelompok kecil orang dengan jumlah kekayaan dan pendapatan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kewirausahaan berpengaruh terhadap keberhasilan usaha, untuk mengetahui apakah kreativitas berpengaruh terhadap keberhasilan usaha dan untuk mengetahui apakah kewirausahaan dan kreativitas berpengaruh terhadap keberhasilan usaha pada Sentra Pembuatan Keripik Singkong di Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh seluruh pengusaha kripik singkong di Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur sebanyak 22 orang pengusaha. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling yaitu puprposive random sampling sempel dalam penelitian ini adalah 15 pengusaha keripik singkong di Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur yang diambil secara acak atau random. Hasil dari pengujian hipotesisi dibuktikan adanya pengaruh kewirausahaan dan kreativitas terhadap keberhasilan usaha Sehingga kesimpulannya ada pengaruh yang signifikan X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap Y. Hasil Uji F juga memperoleh nilai bahwa Fhitung 3608,327 > Ttabel 3,89 sehingga keputusannya adalah tolak H0. Interpretasinya adalah X1 dan X2 secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Y.
PENGARUH TINGKAT PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM BERWIRAUSAHA TERHADAP TINGKAT SOSIAL EKONOMI KELUARGA DI DESA DONOMULYO Neni Ashari
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 3 No 2 (2023): Mei
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/edunomia.v3i2.3725

Abstract

Pada dasarnya manusia memang harus bekerja untuk memperoleh penghasilan dan memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Terutama untuk kepala rumah tangga tetapi perempuan juga bisa bekerja untuk membantu meningkatkan perekonomian keluarga. Apabila pendapatan rumah tangga kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, maka tidak dipungkiri adanya peran yang harus dilakukan oleh perempuan selain pekerjaan domestic yaitu mengurus rumah tangga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh partisipasi perempuan dalam berwirausaha terhadap tingkat sosial ekonomi keluarga di Desa Donomulyo. Populasi dalampenelitian ini adalah perempuan yang berwirausaha di Desa Donomulyo sebanyak 81 orang. Sampel yang digunakan adalah 45 orang perempuan yang berwirausaha di Desa Donomulyo. Penentun sampel menggunakan rumus yang dikemukakan oleh Slovin yaitu dengan tingkat kebenaran 10% dan batas kesahalan sebesar 10%. Untuk mengungkap data yang menunjang penelitian ini penulis menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Untuk mengetahui tingkat validitas menggunakan Microsoft excel, dan reliabilitas angket penulis menggunakan rumus Cronbach’s Alpha: , uji normalitas menggunakan Microsoft Excel dan uji homogenitas menggunakan Microsoft Excel. Untuk menguji hipotesis dalam menganalisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana yaitu dan hasil analisa tersebut maka dapat di peroleh nilai > yaitu 1,31 > 0,95. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa: ” Ada pengaruh yang positif dan signifikan Partisiasi Perempuan dalam Berwirausaha Pada Tingkat Sosial Ekonomi Keluarga di Desa Donomulyo Tahun 2021“.
PENGARUH KUALITAS APLIKASI DAN PROMOSI TERHADAP PEMBELIAN BARANG DI SITUS JUAL BELI ONLINE SHOPEE Widia Wati; Tiara Anggia Dewi; Ningrum Ningrum
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 3 No 2 (2023): Mei
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/edunomia.v3i2.3726

Abstract

Perkembangan bisnis yang semakin pesat seiring pengingkatan peradaban manusia menyebabkan persaingan yang semakin ketat. Dengan adanya persaingan mendorong setiap perusahaan untuk menciptakan keunggulan. Syarat yang harus dipenuhi oleh suatu perusahaan agar dapat sukses dalam mempertahankan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh kualitas aplikasi terhadap pembelian barang di situs jual beli online Shopee pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro. (2) untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap pembelian barang di situs jual beli online Shopee pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro. (3) untuk mengetahui pengaruh kualitas aplikasi dan promosi terhadap pembelian barang di situs jual beli online Shopee pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi sebanyak 111 orang. Sampel yang digunakan adalah 55 orang. Untuk mengungkap data yang menunjang penelitian ini penulis menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Untuk mengetahui tingkat validitas menggunakan Microsoft excel, dan reliabilitas angket penulis. Uji normalitas menggunakan Microsoft Excel dan uji homogenitas menggunakan Microsoft Excel. Untuk menguji hipotesis dalam menganalisis data menggunakan rumus regresi linier berganda yaitu Y = a+b1X1+b2X2 dan uji F. Pengaruh kualitas aplikasi dan promosi terhadap pembelian secara bersama-sama berpengaruh positif. Hal ini bisa dilihat dari Uji F yang dilakukan bahwa nilai Fhitung ≥ Ftabel dengan tingkat signifikansi 5% yaitu Fhitung = 7.665943 sedangkan Ftabel = 3.18 dengan kata lain H01 ditolak dan Ha1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa kualitas aplikasi dan promosi berpengaruh positif terhadap pembelian
PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN PADA TOKO QOLSA DI KOTA METRO TAHUN 2022 Eva Ratna Sari; Ningrum Ningrum; Tiara Anggia Dewi
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 3 No 2 (2023): Mei
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/edunomia.v3i2.3727

Abstract

Promosi adalah suatu aktivitas komunikasi yang dilakukan oleh seseorang atau suatu perusahaan dengan masyarakat luas, dimana tujuannya adalah untuk memperkenalkan sesuatu (barang/ jasa/ merek/ perusahaan) kepada masyarakat dan sekaligus mempengaruhi masyarakat luas agar membeli dan menggunakan produk tersebut. Keputusan pembelian merupakan proses dimana konsumen memilih dan mengevaluasi produk atau jasa, sering kali konsumen mempertimbangkan berbagai hal yang sesuai dengan kebutuhannya dalam proses keputusan pembelian tersebut. Setiap perusahaan yang dibangun oleh badan usaha atau perorangan pada umumnya sama yaitu untuk mencari laba yang sebanyak-banyaknya dengan cara meningkatkan pembelian pada perusahaan, maka diperlukan berbagai macam kegiatan pemasaran yang salah satunya adalah dengan mengadakan kegiatan promosi bagi produk yang di hasilkan, dengan adanya kegiatan promosi penjualan di setiap perusahaan secara tidak langsung akan membantu bertambahnya pembelian pada produk di setiap perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian di toko Qolsa Fashion Store. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen toko Qolsa di kota metro. Dalam penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 50 responden. Data di ambil melalui metode kuesioner (angket). Pengolahan data dilakukan dengan bantuan Excel. Pengujian ini melipuiti uji validitas, uji reliabiltas, uji normalitas, uji homogenitas, uji regresi linier sederhana, uji F dan uji t. Hasil menunjukan adanya pengaruh positif signifikan promosi terhadap keputusan pembelian. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : Terdapat pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian pakaian pada toko Qolsa pada tahun 2022 dengan persamaan regresi Y= 44,324 + 0,3233 X dapat dilihat dari hasil analisis perhitungan nilai thitung dan ttab tersebut di atas berarti diketahui bahwa thitung > ttab dapat dilihat pada tabel t pada daftar signifikan 5% yaitu 2,65 > 1,68 dan juga nilai Fhitung sebesar 4,28 lebih besar dari Ftab = 4,04 yaitu 4,28 > 4,04 berarti Ada Pengaruh Signifikan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Pada Toko Qolsa di Kota Metro
PENGARUH PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UM METRO Putu Ella Sisilia
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 3 No 2 (2023): Mei
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/edunomia.v3i2.3728

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan uang elektronik terhadap perilaku konsumtif mahasiswa pendidikan ekonomi UM Metro. Sampel penelitiannya, yaitu mahasiswa pendidikan ekonomi UM Metro angkatan tahun 2018, 2019, 2020, dan 2021 yang memiliki dan menggunakan uang elektronik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan mengumpulkan data berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik serta metode survei angket untuk pengumpulan datanya. Data dianalisis menggunakan uji Regresi Linier Sederhana. Pada variabel penggunaan uang elektronik terdapat 5 indikator pernyataan angket, yaitu mudah dipelajari, dapat dikontrol, fleksibel, mudah digunakan, jelas dan dapat dipahami, kemudian variabel perilaku konsumtif terdapat 5 indikator pernyataan angket, yaitu membeli produk demi menjaga penampilan diri dan gengsi; membeli produk hanya sekedar menjaga simbol status diri; berpenilaian bahwa membeli produk yang mahal akan menimbulkan rasa percaya diri yang tinggi; membeli produk karena sedang diskon, promo, dan tren; membeli barang mewah untuk menarik perhatian orang lain. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diketahui nilai t hitung sebesar 3,453 > t tabel yaitu 2,028, dengan demikian hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan uang elektronik (X) berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa (Y
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN STUDENT ACTIVE LEARNING BERBASIS PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI Via Anggreani; Tiara Anggia Dewi; Ningrum Ningrum
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 3 No 2 (2023): Mei
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/edunomia.v3i2.3729

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran aktif (active learning) berbasis problem solving dalam penelitian ini adalah pertama kegiatan pembelajaran pendahuluan, dimana guru menyiapkan bahan ajar yang menarik. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan strategi pembelajaran student active learning berbasis problem solving terhadap hasil belajar ekonomi Kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Sekampung. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen jenis quasi eksperimen. Rancangan pada penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Desain ini hampir sama dengan pretest-posttest control group design. Sampel pada penelitian ini sebanyak 65 siswa yang terbagi ke dalam dua kelas yaitu kelas X IPS 2 sebanyak 32 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas X IPS 3 sebanyak 33 siswa sebagai kelompok kontrol. Sampel adalah bagian dari populasi. Berdasarkan analisis data dan hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa hasil pengumpulan data dalam penelitian ini sebanyak 32 siswa yang diberikan perlakuan (treatment) menggunakan strategi pembelajaran student active learning berbasis problem solving terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Sekampung, siswa yang tuntas sebesar 56,25% atau 18 siswa, sedangkan peserta didik yang belum mencapai ketuntasan adalah 43,75% atau 14 siswa. Hasil pengujian menggunakan uji thitung berdasarkan analisis yang telah dilakukan terbukti bahwa ada pengaruh penggunaan strategi pembelajaran student active learning berbasis problem solving terhadap hasil belajar ekonomi Kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Sekampung, dimana nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel yaitu sebesar 2,87 > 1,69. Dengan demikian hasil belajar ekonomi siswa dari uji pre test dan post test setelah diberikan perlakuan (treatment) menggunakan strategi pembelajaran student active learning berbasis problem solving terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Sekampung dapat disimpulkan hipotesis diterima.
PENERAPAN PEMBELAJARAN PBL MENGGUNAKAN MEDIA BROSUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU Hendri Oktario; Tiara Anggia Dewi; Ningrum Ningrum
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 3 No 2 (2023): Mei
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/edunomia.v3i2.3730

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu sumber belajar untuk membantu proses belajar mengajar. Untuk memberikan bekal kepada peserta didik maka diperlukan pembelajaran IPS yang inovatif, menarik dan menyenangkan bagi peserta didik. Hasil prasurvei yang dilakukan di SMP Negeri 3 Sekampung khususnya di kelas VIII.3 yang berjumlah 32 peserta didik pada mata pelajaran IPS, peserta didik cenderung diam dan kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran hal tersebut dimungkinkan karena guru kurang bervariasi dalam penggunaan metode. Maka diperlukan pembelajaran yang kreatif, menarik dan tidak membosankan bagi peserta didik, yaitu penerapan pembelajaran problem based learning (PBL) menggunakan media brosur untuk meningkatkan hasil belajar peseta didik mata pelajaran IPS Terpadu. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk mengetahui pembelajaran problem based learning (PBL) menggunakan media brosur dapat meningkatkan hasil belajar peseta didik mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP N 3 Sekampung. Penelitian tindakan kelas yang akan dilakukan menggunakan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menujukan bahwa Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media brosur pada mata pelajaran IPS Terpadu dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat diketahui dari hasil belajar peserta didik yang mengalami peningkatan setelah diadakan tindakan siklus I dan II. Sebelum diadakan penelitian nilai rata-rata siswa sangat rendah yaitu sebanyak 15 peserta didik belum tuntas, sedangkan 17 peserta didik tuntas belajar. Hasil belajar peserta didik pada siklus II mengalami peningkatan, yaitu nilai rata-rata kelas 90 dan daya serap klasikal 87,5% dan dengan kriteria tuntas belajar sebanyak 28 peserta didik.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU UNO PADA MATERI PENDAPATAN NASIONAL KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022 Rizki Kurniawan; Triani Ratnawuri; Ningrum Ningrum
EDUNOMIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 3 No 2 (2023): Mei
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/edunomia.v3i2.3731

Abstract

Media pembelajaran dapat dipahami sebagai segala sesuatu yang dapat menyampaikan atau menyalurkan pesan dari suatu sumber secara terencana dan tepat guna, sehingga tercipta lingkungan yang kondusif dimana penerimanya dapat melakukan kegiatan belajar secara efektif dan efisien. Hasil wawancara pra survei di SMA Negeri 1 Pekalongan, dapat disimpulkan terdapat masalah pada saat perubahan dari pembelajaran yang dilakukan daring ke luring, media pembelajaran yang digunakan pada saat daring dan luring terkesan kurang variatif sehingga peserta didik mudah bosan dan sulit memahami dari materi yang disampaikan. Dari masalah tersebut peneliti menginovasi mengembangkan media pembelajaran dengan kartu UNO. Tujuan dari pengembangan produk ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran pembelajaran kartu UNO pada materi pendapatan nasional yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau sering disebut Research and Development (R&D). Model yang digunakan adalah pengembangan model 4-D. Model pengembangan 4-D terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Hasil penilaian validasi ahli dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran kartu UNO menunjukkan bahwa pada validasi ahli memperoleh persentase sebesar 90,7% dengan ktiteria “sangat layak”. Pada validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 93% dengan ktiteria “sangat layak”. Pada respon peserta didik memperoleh persentase sebesar 94% dengan kriteria “sangat baik”. Berdasarkan rekapitulasi tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kartu UNO pada materi pendapatan nasional kelas XI di SMA Negeri 1 Pekalongan tahun ajaran 2021/2022 sangat layak dan praktis dalam proses pembelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 10